Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Tugas 1 : Konsep Dasar dan Heuristik Search


Pengertian Sistem Pakar

         Sebuah program komputer yang dirancang untuk mencoba meniru atau mensimulasikan kemampuan menyelesaikan masalah seperti layaknya seorang   pakar (human expert). Sistem pakar (expert systems) merupakan suatu pengembangan dari Decision Support Systems (DSS), yang memiliki fungsi sebagai konsultan.
Tujuan dari sebuah sistem pakar adalah untuk mentransfer kepakaran yang  dimiliki seorang pakar kedalam komputer, dan kemudian kepada orang lain  (nonexpert). 

Contoh Penggunaan Sistem Pakar 

    
1. Sistem Pakar Diagnosis Kerusakan Pada Televisi Berwarna

2. Sistem Pakar Di Bidang kedokteran Untuk Mendiagnosis Penyakit Mata

3. Sistem Pakar Untuk Mendiagnosis Penyakit Telinga Hidung Tenggorokan Pada Manusia


Heuristic

            Suatu strategi untuk melakukan proses pencarian (search) ruang problem secara efektif, yang memandu proses pencarian yang kita lakukan di sepanjang jalur yang memiliki kemungkinan sukses paling besar.

     1. Depth-first Search


             Depth-first search (DFS) adalah proses searching sistematis buta yang melakukan ekpansi sebuah path (jalur) menuju penyelesaian masalah sebelum melakukan ekplorasi terhadap path yang lain. Proses searching mengikuti sebuah path tunggal sampai menemukan goal atau dead end. 


2. Breadth-first Search

       Breadth-first search (BFS) melakukan proses searching pada semua node yang berada pada level atau hirarki yang sama terlebih dahulu sebelum melanjutkan proses searching pada node di level berikutnya
3. Best-first search
            Bekerja berdasarkan kombinasi kedua metode sebelumnya. Depth-first search dan Breadth-first search.



4. A Search





 








  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar